Tips Tidur Setelah Mengkonsumsi Kopi

Tips Tidur Setelah Mengkonsumsi Kopi

Kafein, kandungan di dalam kopi memiliki manfaat dan efek samping. Diantaranya adalah kesulitan tidur setelah mengkonsumsi kopi. Padahal minuman satu ini sangat digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Selain rasanya yang nikmat kopi juga mampu membuat seseorang lebih fokus dan semangat dalam menjalankan aktivitas.

Beberapa orang yang mengkonsumsi kopi mengakibatkan sulit tidur. Biasanya disebabkan oleh porsi berlebih saat mengkonsumsi kopi atau tubuh yang tidak cocok dengan minuman tertentu. Namun, banyak juga yang tidak terpengaruh setelah meminum kopi. Untuk mengatasi kesulitan tidur, agar menjaga stamina untuk kegiatan lain di esok hari, solusinya dapat disimak tips tidur setelah mengkonsumsi kopi di bawah ini:

1.      Berolahraga

Olahraga kecil sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh sedikit kelelahan. Salah satu contoh olahraga kecil adalah peregangan tubuh atau stretching. Olahraga kecil dapat dilakukan 60 menit sebelum waktu tidur. Olahraga juga meringankan ketegangan tubuh setelah melakukan aktivitas. Pada umumnya apabila sudah merasa lelah tubuh akan cepat tertidur. Bukan olahraga berat mendekati waktu tidur, karena dapat menyebabkan tejaga dimalam hari

2.      Mandi

Setelah beraktivitas dan mengkonsumsi kunci mendapatkan tidur yang lelap adalah mandi. Air hangat yang digunakan saat mandi dapat merilekskan tubuh anda, meredakan rasa lelah dan setres. Wangi-wangian yang digunakan pada saat mandi juga dapat menenangkan dan melancarkan pernafasan. Mandi sebelum tidur bisa melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Dengan kondisi tubuh yang sudah bersih maka akan dengan nyaman tertidur.

3.      Membaca

Selain menambah wawasan, membaca buku baik dilakukan sebelum tidur. Waktu sebelum tidur adalah waktu santai yang baik untuk meningkatkan fokus sehingga mempertajam ingatan. Membaca buku dapat menghilangkan setres karena dapat melupakan kejadian dengan hal-hal yang dibaca. Suasana yang tenang saat membaca dapat merilekskan tubuh dan siap untuk tidur.

 

4.      Tidak memainkan ponsel

Saat menjelang waktu tidur usahakan tidak menggenggam ponsel. Karena fokus akan terhadap semua hal yang terdapat di ponsel. Otak akan selalu berfikir dan mencerna semua informasi yang diterima. Selain menggangu waktu tidur ponsel juga tidak baik bagi kesehatan mata. Spektrum cahaya dari gadget mengurangi fungsi otak. Batasi penggunaan ponsel, karena ketergantungan ponsel tidak baik. Kebiasaan ini akan terus menggangu tidur dan membuat selalu terjaga.

5.      Menghindari makanan ringan

Setelah meminum kopi dengan kandungan kafein yang sudah menyebakan sulit tidur, hindarilah makanan ringan. Kandungan dalam makanan ringan beragam baik itu gula,serat,air dan sebagainya yang sulit dicerna tubuh saat malam hari. Mengkonsumsi makanan saat ingin menjelang tidur tidak baik bagi tubuh. Karena makanan yang sudah dikonsumsi tidak dibakar menjadi energi melainkan menjadi lemak. Mengkonsumsi makanan ringan dapat membuat terjaga dimalam hari.

6.      Mendengarkan musik atau podcast

Mendengarkan musik klasik, instrument atau melodi dapat meningkatkan mood. Selain music, mendengarkan podcast memperluas informasi juga bisa memicu kantuk sama halnya dengan mendengarkan radio. Hormon dopamin meningkatkan perasaan yang menyenangkan. Mendengarkan musik menjelang tidur dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. Apabila tubuh sudah merasa nyaman maka tidak sulit untuk tidur lelap.

7.      Menciptakan suasana nyaman

Penyebab susah tidur setelah mengkonsumsi kopi adalah suasana tidur yang kurang nyaman. Agar bisa tidur rubahlah interior kamar seperti penggunaan lampu tidur. Usahakan televisi letakkan di luar agar disaat jam tidur anda tidak menghidupkan televisi. Sesuaikan temperatur kamar dengan tingkat kenyamanan tubuh. Beberapa hal tersebut dapat membuat anda nyaman sehingga dapat tertidur.

8.      Relaksasi

Banyak sekali relaksasi yang dapat dilakukan sebelum tidur. Setelah meminum kopi maka jantung akan berdetak lebih cepat, oleh sebab itu kesulitan tidur. Relaksasi bertujuan menenangkan tubuh dan mental setelah beraktivitas. Dengan melakukan yoga atau meditasi dapat memperlambat detak jantung, memperlancar aliran darah. Manfaat relaksasi dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

9.      Menggunakan aromaterapi

Aromaterapi sekarang sudah banyak digunakan, jenis aromateripi juga bervariasi. Minyak esensial dengan menggunakan diffuser menjadi uap yang dapat dihirup sekarang menjadi trend. Aroma yang dihasilkan dapat meredakan setres, mengurangi rasa sakit baik fisik atau psikis. Aromaterapi juga menjaga dari gangguan tidur sperti nyamuk yang tidak suka dengan aroma yang ditimbulkan. Efek yang ditimbulkan dapat membuat kualitas tidur meningkat dan siap beraktivitas esok harinya.

10.  Mengurangi tidur siang

Manusia dewasa memiliki jam maksimal tidur. Untuk mengurangi berjaga di saat malam hari kurangi waktu tidur di siang hari. Ditambah lagi mengkonsumsi kopi maka hindari tidur siang. Agar tubuh tetap beraktivitas dan lelah di saat malam hari, dan beristirahat dengan nyaman.

Beberapa tips di atas untuk tidur setelah minum kopi. Mengatur jam tidur dan tepat waktu akan membangun kebiasaan baik. Semoga bermanfaat dan meningkatkan waktu istirahat sehingga tidak mengurangi daya tahan tubuh


Leave a Reply

Your email address will not be published.