Hal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Laundry

Hal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Laundry

Bisnis laundry sebenarnya merupakan bisnis yang sederhana. Hanya saja, penentuan tempat dan kondisi lingkungan sekitar memang memegang peranan penting dalam kesuksesan bisnis laundry. Beberapa hal di luar kedua kebutuhan tersebut memang tidak terlalu berpengaruh.

Biasanya, saat tempat yang digunakan adalah tempat strategis dan berada di lingkungan pekerja kantoran, bisnis laundry bisa berkembang sangat pesat. Apalagi jika berada di lokasi pendidikan yang jumlah pendatangnya sangat besar. Bisnis laundry bisa jadi menggiurkan untuk dilakukan.

Namun, itu hal lain. Saat akan membuka bisnis laundry ada beberapa hal yang perlu disiapkan lebih dulu. Tentu saja, sejumlah hal tersebut wajib ada dalam setiap bisnis laundry. Dengan kata lain, kamu wajib menyiapkan kebutuhan utama pada bisnis satu ini.

Hal yang Perlu Disipakan untuk Mulai Bisnis Laundry

Lantas, kira-kira apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis laundry? Tentu saja, kamu wajib menyiapkan sejumlah barang utama berikut ini:

  1. Mesin Cuci

Hal yang wajib ada dalam setiap bisnis laundry tentu saja mesin cuci. Kamu bisa memilih jenis mesin cuci apapun. Tentu tidak ingin buka bisnis laundry dengan tenaga manual, bukan?

Jika tidak ingin cuci menggunakan cara manual, kamu bisa menyiapkan mesin cuci terlebih dahulu. Mengenai jumlahnya, silakan disesuaikan saja dengan kebutuhan dan batas modal yang kamu miliki.

Namun, jumlah mesin cuci yang optimal untuk bisnis laundry kecil-kecilan adalah dua buah mesin cuci. Mesin cuci tersebut bisa menjadi investasi awal yang cukup membantu dalam bisnis laundry.

  1. Mesin Dryer

Proses pengeringan pakaian biasanya memakan waktu lama. Maka dari itu, kamu wajib menyiapkan mesin dryer atau mesin pengering. Kamu mungkin bisa menjemur baju pelanggan langsung di bawah terik matahari.

Namun, bagaimana jika cuaca sedang mendung atau bahkan hujan deras? Kehadiran mesin dryer tentu akan sangat membantumu dalam menjalankan bisnis laundry. Kamu pun bebas mau memilih mesin dryer jenis apapun.

Bisa pilih dryer dengan jenis pengering kipas ataupun yang lainnya. Selama ada mesin dryer, kamu mungkin tidak perlu repot menjemur pakaian pelanggan satu per satu lagi.

  1. Setrika

Setelah menjemur, proses lanjutan dari laundry adalah merapikan pakaian. Dalam merapikannya tentu kamu butuh setrika. Maka dari itu, sediakan juga setrika jika ingin menjalankan bisnis laundry.

Jika ingin lebih cepat, maka sediakan dua buah setrika. Kamu bisa bekerja dengan satu pegawaimu untuk menyetrika pakaian milik pelanggan. Proses tersebut tidak akan memakan waktu dan kamu bisa lanjut mengerjakan beberapa hal penting lainnya.

  1. Gantungan Pakaian

Jangan lupa juga menyiapkan gantungan pakaian jika ingin memulai bisnis laundry. Gantungan pakaian atau hanger sangat dibutuhkan untuk jenis baju yang membutuhkan penanganan khusus.

Katakanlah ada pelanggan yang ingin mencuci baju batik atau kemeja dengan harga mahal. Bahkan kamu juga bisa saja mendapatkan pemesanan cuci jas. Beberapa jenis pakaian tersebut biasanya tidak dilipat sebagaimana pakaian biasa.

Melainkan dengan digantung di lemari pakaian. Nah, untuk menggantungnya kamu butuh hanger atau gantungan pakaian. Sediakan sesuai dengan kapasitas dari lemari yang kamu miliki.

  1. Lakban Bening

Nah, kamu mungkin penasaran tentang kenapa bisnis laundry membutuhkan lakban bening. Sebenarnya fungsi dari lakban bening adalah untuk memastikan pakaian yang dicuci tidak tertukar satu sama lain. Maka dari itu kamu wajib menyediakan lakban bening terlebih dahulu.

  1. Wadah Pakaian

Wadah pakaian tentu juga dibutuhkan untuk memulai bisnis pakaian. Fungsinya untuk meletakkan baju yang akan atau yang sudah dicuci. Kamu bisa menyediakan wadah pakaian sesuai dengan kebutuhan.

Jika pelangganmu memang cukup banyak, maka kamu wajib menyediakan wadah pakaian yang cukup banyak pula. Jika tidak, maka tidak perlu terlalu banyak menyediakannya untuk menghemat pengeluaran atau menghemat modal yang ada.

  1. Timbangan

Selanjutnya, kami juga merekomendasikan kamu untuk membeli timbangan. Kamu bisa memilih timbangan manual atau bisa juga menyediakan timbangan digital. Namun, sangat disarankan untuk membeli timbangan digital.

Pasalnya, dari timbangan tersebut akan memberikan rasa percaya pada pelanggan mengenai bobot dari pakaian yang akan dicuci. Kamu pun bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk menghitung berapa biaya yang pas untuk pakaian yang ditimbang.

  1. Parfum

Dari banyaknya hal yang perlu dipersiapkan, ada satu hal yang tidak kalah penting dibandingkan yang lainnya. Meskipun penting, terkadang banyak pemula dalam bisnis laundry melupakannya.

Hal tersebut adalah parfum. Ya. Parfum memang sangat dibutuhkan untuk bisnis laundry yang dijalankan. Sediakan beberapa jenis parfum dan letakkan di depan meja kasir laundry.

Ketika ada pelanggan yang datang, maka kamu bisa menawarkan mereka untuk pakai parfum yang manapun. Dengan begitu, pelanggan akan puas karena pakaian yang baru saja dilaundry punya harum yang sesuai dengan keinginannya.

Penutup

Jangan lupa juga untuk menyiapkan modal yang cukup agar semua barang-barang di atas bisa kamu persiapkan seluruhnya. Setelah itu, kamu bisa memulai bisnis laundry sesuai keinginan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *